unsur-unsur musik


Unsur unsur musik
Menurut KBBI, Musik diartikan ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Dengan kata lain musik merupakan perpaduan berbagai berbagai unsur-unsur musik. Berikut beragam unsur musik

1.       Melodi
Berbicara mengenai melodi tidak terlepas dari nada/suara dan tangganada. Untuk membangun sebuah melodi diperlukan pengertian serta rasa akan nada dan tangganada. Melodi merupakan rangkaian nada-nada yang ditata dengan prinsip tertentu, didalamnya mencakup tinggi rendah serta panjang pendeknya suatu suara. Dalam membuat suatu melodi diperlukan kecakapan mengenal karakteristik instrument musik atau suara manusia (musik vokal).
Dalam membuat melodi, kita perlu belajar beragam teknik komposisi musik. Hal ini membantu kita untuk membuat melodi yang baik, tidak asal-asalan dan tidak semata-mata mengandalkan intuisi musikal saja.

2.       Ritme atau irama

Ritme atau irama adalah rangkaian beraturan gerak suara/bunyi yang merupakan unsur paling mendasar untuk kita membuat musik. Didalamnya terdapat panjang pendek, pengulangan dan tekanan dalam bunyi-bunyian. Detak jantung, Langkah kaki atau lambaian tangan merupakan gambaran ritme secara sederhana yang kita dapatkan dari kehidupan manusia.
Irama sangat erat kaitannya dengan birama dan sukat. Kita bisa belajar ritme dangan membaca nilai notasi. Disini juga kita perlu sedikit mengenal rasa akan Arsis (ketukan kuat) dan Tesis (keteukan lemah) dalam sebuah birama. Didalam sukat kita mengenal beberapa sukat seperti 2/4, ¾, 4/4, 6/8. 9/8, 12/8, 2/2, dan seterusnya.

3.       Harmoni
Dalam kaitan membangun sebuah musik diperlukan aturan atau tatacara supaya terjadi keselarasan bunyi yang satu dengan yang lainnya. Kajian ini dibahas dalam ilmu harmoni. Harmonisasi secara sederhana bisa kita dapatkan dari pemakaian akord. Ada beragam jenis chord, meliputi chord mayor, minor, diminished dan augmented. Harmoni juga berkaitan dengan keselarasan suara melodi dan suara ritme.
Ragam chord dalam tangganada
Simbol
Nama
Nada
Jenis
C= Do
I
Tonika
1-3-5
Mayor
C
II
Sub tonika
2-4-6
Minor
Dm
III
Median
3-5-7
Minor
Em
IV
Sub Dominan
4-6-1
Mayor
F
V
Dominan
5-7-2
Mayor
G
VI
Sub median
6-1-3
Minor
Am
VII
Leading chord
7-2-4
diminished
B dim

4.       Tempo
Tempo berkaitan dengan kecepatan musik. Metronom merupakan alat bantu untuk mengatur kecepatan lagu. Metronom Maelzel (MM) merupakan satuan hitungan untuk tempo dalam satuan menit.  Secara umum tempo terbagi menjadi :
·         Tempo Lambat
Kecepatan untuk tempo lambat berkisar 40-80 MM, ragam tempo lambat seperti Largo, Lento Adagio.
·         Tempo Sedang
Tempo sedang berkisar antara 80-120 MM, ragam tempo sedang seperti contoh Andante dan Moderato.
·         Tempo Cepat
Kecepatan untuk tempo yang lebih cepat kisaran 120-180 MM, ragam temponya seperti allegro, allegreto. Vivace dan Presto untuk ragam tempo sangat cepat dengan kisaran 180-28 MM.

5.       Dinamika
Dinamika merujuk pada ekspresi sebuah musik atau nyanyian. Musik bisa dimainkan dengan suara yang keras/lantang dan juga dimainkan dengan lembut, bergantung kepada keinginan komposer atau pemusik. Secara garis besar terdapat suara keras/lantang (forte) dan lembut (piano)
Ragam dinamika
simbol
arti
keterangan
P
Piano
Lembut
pp
pianisimo
Sangat lembut
mp
Mezzopiano
Setengah lembut
ppp
pianisisimo
Sangat lembut sekali
f
Forte
Keras/lantang
mf
Mezzoforte
Setengah lantang
ff
fortisimo
Sangat lantang
fff
fortissisimo
Sangat keras sekali

Selain tanda baca diatas juga terdapat ;
Cresendo yang berarti semakin keras
Decresendo yang berarti semakin lembut
Diminuendo yang artinya melembut
Poco a poco yang artinya perlahan atau lambat laun

6.       Timbre
Timbre bisa diartikan warna suara atau karakter suara yang timbul yang menjadi keunikan suatu suara dengan suara yang lain. Setiap alat musik memiliki karakter atau warna suara yang khas dibandingkan dengan suara yang alat musik yang lainnya. Kita bisa bandingkan suara trompet dan viola yang jelas berbeda. Perbedaan itu bisa berasal dari bahan pembuatan alat musik dan juga resonansi sumber bunyi nya. Alat berdawai akan sangat berbeda dengan alat yang berasal dari membran.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik, Chord, Notasi Angka Lagu Sekolah Minggu Bapa Abraham