Pengertian Musik Menurut Para Ahli Musik


Pengertian Musik Menurut Para Ahli
Berikut ini beberapa pandangan pengertian musik menurut para ahli musik. didalammya banyak berbicara mengenai unsur musik maupun tinjauan filosofi musik.
Banoe
Pono Banoe adalah salah satu tokoh senior musik indonesia yang banyak menulis buku-buku musik dan bergerak dalam bidang pendidikan musik. Menurut Banoe, kata musik diekstrak dari kata muse yakni merupakan salah satu dewa dalam mitologi yang berasal dari Yunani kuno bagi cabang ilmu & seni; dewa ilmu pengetahuan & seni. Selain itu, ia berpendapat musik adalah suatu cabang seni yang membahas & menetapkan bermacam-macam suara ke dalam berbagai pola yang dapat dipahami dan dimengerti oleh manusia.
Sylado
Menurut Sylado, mengemukakan bahwa musik ialah waktu yang memang pada dasarnya untuk didengar. Musik ialah wujud waktu yang hidup, yang juga merupakan sekumpulan ilusi & alunan suara. Sebuah alunan musik yang isinya serangkaian nada yang mempunyai jiwa yang mampu mengguga ataupun menggerakkan hati yang mendengarkannya.
Adjie Esa Poetra
Menurutnya, Musik adalah kesenian yang bersumber dari bunyi. Ada empat unsur dalam musik yaitu dinamik (kuat lemahnya bunyi), nada (bunyi yang teratur), unsur waktu (panjang pendek suatu bunyi yang ditentukan dari hitungan atau ketukan nada), dan timbre (warna suara).
Jamalus
Menurut Jamalus, musik merupakan hasil karya seni yang berupa bunyi yang dibentuk menjadi sebuah lagu atau suatu komposisi yang mengungkapkan isi pikiran & perasaan yang menciptakannya lewat berbagai unsur pokok musik yakni harmoni, melodi, irama dan bentuk / struktur lagu serta bentuk ekspresi sebagai suatu kesatuan. Jamalus dengan jelas musik merupakan ungkapan perasaan manusia melalui unsur-unsur musik
Ade Prianto Nugroho
Menurutnya, Musik adalah seni yang melukiskan tentang keindahan yang disajikan dalam bentuk suara dan tanpa kita sadari suara-suara itu memiliki peran dalam membentuk pribadi kita.
Sunarto
Menurutnya, Musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsur atau keselarasan yang indah.
David Ewen
Menurutnya, Musik adalah ilmu pengetahuan dan seni tentang kombinasi ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental, yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu yang ingin diungkapkan terutama aspek
Suhastjarja
Menurutnya, Musik adalah ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran bulat dalam wujud nada dan bunyi yang mengandung ritme dan harmoni serta mempunyai bentuk dalam ruang waktu yang dikenal di masyarakat.
Schopenhauer
Menurutnya, Musik adalah melodi yang syairnya adalah alam semesta.
KBBI
Menurut KBBI, Musik adalah Ilmu atau seni menyusun nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi(suara) yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.
Aristoteles
Musik adalah curhatan kekuatan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam suatu rentetan suara (melodi) yang berirama.
Reed dan Sidnell
Menurut mereka, Musik adalah suatu cabang seni berbentuk suara yang di dalamnya terkandung unsur ritme, melodi, harmoni, serta timbre.
Irwan Edman
Musik adalah urutan bunyi-bunyian yang logis tetapi bukan logika dari suatu argumentasi. Musik adalah suatu himpunan teratur dari vitalitas, suatu impian di mana bunyi-bunyian bersatu padu dan mengkristalisasi.
Lexicographer
Menurutnya, Musik adalah kombinasi nada, vokal, dan instrumental yang harmoni untuk mengekspresikan segala sesuatu yang bersifat emosional.
Alferd Aurbach
Musik adalah bahasa dunia, ia tidak perlu diterjemahkan, dalam musik berbicara dari jiwa kepada jiwa
Wikipedia
Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik, Chord, Notasi Angka Lagu Sekolah Minggu Bapa Abraham