Soleram, notasi angka, chord lirik dan maknanya


Judul Lagu : Soleram
Pencipta        : -
Asal                : Riau
Jenis               : Lagu Daerah
Lirik                :
Soleram
Soleram
Soleram
Anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merah lah pipinya
Satu dua
Tiga dan empat
Lima enam
Tujuh delapan
Kalau tuan dapat kawan baru sayang
Kawan lama ditinggalkan jangan

Makna dan Arti
Lagu Soleram merupakan salah satu lagu tradisional Indonesia yang berasal dari kep. Riau. Sebagaimana nilai Islami yang kental pada masyarakatnya, maka lagu Soleram lahir penuh dengan makna mendalam mengenai ajaran agama. Lagu yang biasa dilantunkan guna meninabobokan anak penuh akan pesan moral guna menjunjung tinggi kehormatan, menjaga diri dan membangun malu sebagai budaya dan akhlak penerus bangsa.
Bentuk budaya yang mulai luntur dari generasi kita, mungkin karena tergerus zaman sehingga banyak orang yang tidak malu berbuat salah namun malu kalo tidak bermewah-mewah. Lagu yang biasa diajarkan dan dimainkan di sekolah dasar mungkin perlu disenandungkan di kalangan dewan yang sering bersundal menghianati ikrar jabatan.
Selain membangun malu sebagai budaya, lagu soleram juga mengajarkan tentang budaya silaturahmi. Menyambung persaudaraan dan menghindari perpecahan golongan sosial. Persaudaraan dan pertemanan bukanlah sebuah jabatan yang ada periodenya, apalagi mie instan yang punya waktu dan masa kedaluarsa.

Chord dan Notasi Angka



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik, Chord, Notasi Angka Lagu Sekolah Minggu Bapa Abraham