Struktur Musik Daerah Nusantara

Struktur musik daerah

 

Pada bagian ini kita akan membahas tentang, unsur-unsur musik daerah dan unsur khas musik tradisi

A.   Unsur musik daerah meliputi unsur pokok dan unsur tambahan

Unsur Pokok

1.    Melodi

Didalam melodi terdapat nada sebagai unsur terkecil dalam musik. Nada merupakan uansur utama dalam sebuah karya musik baik itu lagu maupun permainan musik. Panjang pendek nada berhubungan dengan lama nada dibunyikan atau dinyanyikan.

Notasi adalah media bagi seorang musisi mendokumentasikan karyanya. Notasi juga merupakan alat bagi para penikmat musik membaca karya musik yang dihasilkan oleh para musisi

Didalam musik daerah kita mengenal istilah pentatonis yakni sitem tangganada dengan menggunakan 5 nada. Contoh Pelog dan Slendro yang ada di Jawa.

 

2.    Irama/ritme

Irama adalah alunan nada-nadadalam lagu yang dimainkan secara teratur dan membentuk pola tertentu. Pengelompokan ketukan menjadi beberapa unit hitungan disebut dengan birama.  Contoh sukat birama seperti ¾, 4/4, 6/8 dst. Alata musik yang memainkan irama seperti gendang, tifa, taganing dan macam-macam alat tabuh lainnya.

 

3.    Harmoni

Harmoni adalah hubungan satu nada dengan yang lain. Jarak terdekat satu nada dengan yang lain adalah ½. Untuk lebuh jelas lihat gambar berikut.  

Dengan kata lain jarak C ke E adalah 2, contoh lain B ke D adalah 1 ½ .

 

Unsur tambahan

1.    Tempo

Tempo adalah kecepatan sebuah musik. Banyaknya ketukan dihitung dalam permenit. Satuan ukurannya MM (metronom Maelzel). Misalkan 50 MM berarti dalam satu menit terdapat 50 ketukan/beat.

Tempo biasa terbagi menjadi

·       Tempo cepat (> 120 MM) meliputi Allegro, Vivace, Presto

·       Tempo sedang ( 76 – 120 MM contoh Moderato

·       Tempo lambat < 76 MM contoh Largo, Andante

 

2.    Dinamika

Dalam seni musik keras lembut nya suara disebut dengan istilah dinamika. Biasa disimbol kan dengan p (piano) yang berarti lembut dan f (forte) yang berarti keras.

 

3.    Timbre

timbre adalah warna suara yang ada dilam musik atau alat musik. Baik itu suara manusia ataupun alat musik mengeluarkan suara yang khas berbeda satu dengan yang lainnya.

B.    Unsur khas musik tradisi

1.    Syair

Yang membedakan satu karya musik daerah dengan karya lain adalah syair yang khas di tipa daerah. Perbedaan ini terbentuk dari bahasa daerah yang dipake. Pencipta lagu biasanya memiliki bentuk ragam sajak atau pantun untuk menyusun ciptaannya.

2.    Alat musik daerah

Alat musik daerah menjadi salah satu ciri khas musik daerah. Tiap alat musik memiliki karakter khas daerah masing-masing. Seperti gamelan yang kita tahu berasal dari Jawa, taganing yang berasal dari sumatra utara dll. Tiap alat musik mengeluarkan timbre yang sangat unik dan bisa dikenali dari mana asalnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik, Chord, Notasi Angka Lagu Sekolah Minggu Bapa Abraham