musik Ansambel

Musik Ansambel

A.   Pengertian Ansambel

Ansambel berasal dari kata ensemble yang berarti bersama-sama.  Dengan demikian musik ansambel adalah sajian musik yang dilalukan secara bersama-sama dengan menggunakan satu atau lebih alat musik. Contoh disaat kita memainkan pianika, recorder, drum secara bersama-sama.

Karena dilakukan secara bersama-sama maka hal yang terpenting didalam ansambel adalah keterpaduan antar nada. Keterpaduan disini menyangkut harmonisasi bunyi yang dihasilkan setiap alat musik. Selain harmonisasi, tempo yang stabil sangat diperlukan sehingga sajian musik terdengar padu dan enak didengar. Untuk memimpin sebuah ansambel diperlukan seorang konduktor/dirigen sebagai pemimpin ansambel yang bertugas memberi arahan ritme dan tempo sehingga keterpaduan tetap terjaga.

B.    Musik Ansambel Indonesia

Indonesia banyak memiliki ragam musik ansambel. Salah satu yang paling terkenal adalah ragam ansambel gong dan gendang. Bahkan hampir disetiap daerah memilikinya. Sebagai contoh Goo-Laba di flores Goo adalah gong dan Laba adalah gendang. Musik ini dimainkan oleh suku Ngada sebagai sarana ritual.

Begitu juga di Sumatra barat/minangkabau memainkan ansambel gong dan ,gendang yang disebut dengan Talempong. Dijawa kita mengenal gamelan yang sangat mewakili musik ansambel nusantara.

C.    Alat Musik Ansambel

Ragam alat musik ansambel terbagi atas

1.    Kelompok melodis

Adalah alt musik yang digunakan untuk memainkan melodi lagu. contoh alat musik melodis meliputi seruling, angklung melodis, biola, flute, saxofon.

2.    Kelompok harmonis

Alat musik yang berperan memainkan harmoni atau memadukan nada(akord). Contoh gitar, piano, akordion,

3.    Kelompok ritmis

Alat musik yang berfungsi memainkan ritme atau irama. Contoh taganing, drum, kajon, konga, tamborin

D.   Jenis Ansambel

Musik ansambel terbagi menjadi dua jenis yakni ansambel sejenis dan ansambel campuran

1.    Ansambel sejenis

Adalah sajian musik yang dimainkan secara bersama-sama dengan menggunakan satu jenis alat musik. Contoh ansambel gitar, ansambel gitar berarti semua alt musik yang di pakai adalah gitar. Ansambel gesek, ansambel pianika dst.

2.    Ansambel campuran

Adalah sajian musik yang dimainkan secara bersama-sama dengan menggunakan lebih dari satu jenis alat musik. Contoh ansambel piano dan biola, Band, Orkestra, dst.

E.    Memainkan Musik Ansambel

Dalam memainkan ansambel diperlukan catatan musik atau partitur untuk tiap alat musik, seorang aranger bertugas membuat arransemen musik. Kondukter bertugas memimpin musik dan menjadi penyambung ide musik dari arranger/komposer kepada pemain musik. Didalam musik gamelan peran seorang konduktor ada pada alat musik Gendang yang mengatur tempo dan dinamika musik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik, Chord, Notasi Angka Lagu Sekolah Minggu Bapa Abraham