tips bermusik



musik merupakan keindahan yang sangat menarik bagi kehidupan manusia. Selain bentuk kebudayaan yang membutuhkan ketrampilan, seni musik juga bisa dikategorikan ilmu yang bisa dipelajari. Adapun beberapa tips untuk memulai belajar musik adalah:

1.      1.  Dengarkanlah musik
Musik adalah bentuk kebudayan yang berwujud bunyi-bunyian atau tetabuhan.  Hal yang perlu dilakukan untuk belajar musik adalah dengarkanlah musik. Belajarlah untuk mau mendengar, baik itu lagu, suara, bunyi-bunyian, karena dari situlah sumber musik.
Adakalanya kita perlu mendengar dan mendifinisikan apa yang kita dengar. Mengenali suara, melatih sensitifitas pendengaran kita karena itu modal awal kita memulai musik.  
 
2.      2. Pilihlah musik yang paling cocok dengan kita
Dunia ini menyajikan beerbagai cita rasa musik. Seperti makanan ada yang suka makanan pedas, manis, asin dll. Begitu pula musik, terdapat beberapa musik yang menyajikan berbagai macam rasa. Dalam musik kita bisa memilih dangdut yang asik buat goyang, country yang identik dengan petualangan, klasik yang elegan, jazz yang banyak pengembangan, rock yang lebih keras, reagea yang buat enjoy, pop yang lebih easy listening buat telinga kita dan masih banyak pilihan yang bisa kita pilih.
Ada musik barat, afro, latin danjuga  musik nusantara (etno)yang  kita bisa pilih dan yang paling pas buat kita pelajari. Fokuslah pada musik yang kita pilih untuk didengar untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.
3.       Belajarlah rutin menikmati musik yg kita dengar
Setelah memilih musik yang kita mau dengar,  coba selalu mendengarkan musik itu dengan rutin, konsisten dan disiplin. Musik yang kita pilih dan kita nikmati dengan rutin itulah cerminan diri kita. Jika seorang akademisi dan praktisi musik mungkin bisa belajar berbagai macam musik dan alat musik, tetapi ketika memulai sesuatu hal, lakukanlah dengan satu hal yang rutin diperdengarkan setiap hari.
Seumpama seorang nelayan akn menjadi pelaut tangguh jika selalu berhadapan dengan ombak. Tak mungkin seorang nelayan hidup di perkebunan bisa menjadi pelaut ulung. Semikian juga pemusik, teruslah latih diri dengan mendengar, bersenandung dan menyanyikan lagu atau musik dengan rutin.
4.       3. Belajarlah teori musik umum
Belajar teori musik juga memiliki peranan penting untuk perkembangan musik seeorang. Bagian teori musik yng perlu di pelajari yakni ada bahasan mengenai  berbagai macam nada, tangganada, melodi, harmoni, bentuk musik, komposisi, dinamika dan sebagainya. Namun apabila  seseorang baru belajar musik sangat tidak dimungkinkan belajar semua teori musik secara bersamaan apalagi instan. Begitu juga kita bisa memilih mau menggunakan notasi balok atau notasi angka untuk penyampaian materi musiknya.
Langkah awal belajar teori musik diawali dengan pengenalan akan:
·         Nada dan Penotasian
Ada beberapa macam notasi yang dipakai seperti notasi balok, notasi angka, ada juga notasi gregorian. Namun yang sekarang yang populer digunakan yakni menggunakan notasi balok dan angka.
Notasi balok memiliki kelebihan yakni penotasian yang lebih konkrit disetiap penulisannya, namun terkadang terasa lebih komplek, membutuhkan waktu untuk benar-benar paham. Sedangkan notasi angka  menggunakan angka sebagai media penulisannya, meliputi  1(do),2(re),3(mi),4(fa),5(sol),6(la), 7(si). Notasi angka lebih mudah dipahami dan di aplikasikan masyarakat timur karena tidak terlalu kompleks, namun memiliki kekurangan detail, dengan kata lain ada bagian permainan musik yang tidak bisa ditulis kedalam notasi angka.
Pilihan penggunaan notasi, bisa dilandasi atas kebutuhan bermusik kita mau condong ke musik klasik yg lebih menggunakan notasi balok atau populer yg bisa menggunakan notasi angka dan balok sederhana. Dalam mempelajari ke dua bentuk notasi bisa didapat dari beberapa sumber.
·         Tangganada
Di dunia ini terdapat beragam tangganada seperti blues, pentatonis, modus, mayor, minor dst. Namun patern yang sering dipakai adalah tangganada Diatonis Mayor, dengan rumus jarak 1-1- ½ -1-1- ½ , dengan nama populer Do Re Mi Fa Sol La Si Do. Untuk dasar kita bisa mainkan di tangganada C = do, yg berarti C (do), D (re), E (Mi), F (fa), G (sol), A (la), B (si). 
·         Harmoni
Konsep harmoni bisa dikatakan mengenal chord, memainkan chord berarti juga memainkan nada-nada bagian dari tangganada. Dalam tangganada C=do kita akan medapati chord sederhana yang biasa digunakan dalam mengharmonisai atau mengiring lagu adalah sbb:
No
Chord
Komposisi nada (posisi dasar)
Jenis
Simbol  (roman numeral)
1
C
C-E-G  / 1-3-5
Mayor
I
2
Dm
D-F-A / 2-4-6
Minor
Ii
3
Em
E-G-B /3-5-7
Minor
Iii
4
F
F-A-C / 4-6-1
Mayor
IV
5
G
G-B-D / 5-7-2
Mayor
V
6
Am
A-C-E / 6-1-3
Minor
Vi
7
B-D-F / 7-2-4
diminished
vii°

5.       4. Pilihlah alat musik yg kita mau mainkan
Tiap alat musik memiliki karakteristik dan fungsi masing-masing. Kita bisa pilih sesuai kesukaan dan minat kita.
·         Alat musik melodis
Fungsi memainkan nada-nada tunggal dalam rangkaian melodi. Contoh flute, recorder, saxophone, harmonika, harmonika, biola dll.
·         Alat musik harmonis
Fungsi alat musik harmonis yakni sebagai pengiring melodi dengan chord sebagai simbol harmoni. Contoh piano, gitar, organ,keyboard, accordion,banjo dst. Alat musik harmonis bisa juga di manfaatkan untuk alat musik melodis juga.
·         Alat musik ritmis
Alat musik ritmis berfungsi pengiring ritme atau beat musik,  alat musik ini berupa drum, konga, kajon, jimbe dll.  Didalam musik alat ini berguna sebagai rithm section dan fiii in. Jika kita belajar alat musik jenis ini pelajaran tentang melodi harmoni akan lebih kurang dibandingkan pelajaran tentang ritme dan beat musik.
6.       Mainkan melodi, chord atau ritme  lagu
5  5. Melodi, Harmoni, Ritme
·         Memainkan melodi
Memainkan melodi perlu melihat sistem tangganada yang dipakai, perhatikan motif, frase dan kalimat lagu. Mencerna melodi, memahami atau menghafal melodi sangat dperlukan untuk memainkan melodi dan tidak kalah penting adalah fingering atau penempatan setiap jari untuk nada yg dimainkan. Setiap alat musik memiliki cara fingering yang berbeda. Mengenal nada dan solmisasi sangat bermanfaat dalam memainkan alat musik ini.
·         Memainkan harmoni
Memainkan harmoni penting untuk membangun keselarasan musik. Cobalah melatih perpindahan harmoni(chord), chord progresi melatih kita mengenali pergerakan chord dan warna dari sebuah chord.  Sebuah chord memiliki kecenderunga perpindaha ke chord tertentu. Contoh chord Am lebih condong akan berpindah ke chord Dm.
Bisa juga kita belajar chord progresi dengan memainkan chord dari sebuah lagu yang bisa kita dapatkan dari buku musik. Ini sangat membantu kita belajar musik dalam harmoni.
·         Memainkan ritme
Yang memainkan ritme bukan hanya dari alat musik jenis ritme, jenis alat melodi dan harmoni juga memainkan ritme.  Melodi yang rumit tidak akan menjadi indah tanpa ritme yang baik. Dasar bermain musik adalah rime yang baik. Mamainkan ritme sangat berkaitan dengan sukat dan birama.
Dalam alat musik ritme di kenal istilah rithm section, seperti untuk genre musik rock, blues, bosa, salsa, samba, dangdut bahkan keroncong memiliki gaya ritme yang berbeda. Jika kita baru belajar musik bisa juga memulai dengan rithm 8 beat yang biasa digunakan untuk musik pob atau balade.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik, Chord, Notasi Angka Lagu Sekolah Minggu Bapa Abraham